News :
Home » » PENGERTIAN DAN TUJUAN KERJA PRAKTEK

PENGERTIAN DAN TUJUAN KERJA PRAKTEK

PENGERTIAN DAN TUJUAN KERJA PRAKTEK

Kerja Praktek merupakan unit tugas yang harus diikuti setiap mahasiswa selain perkuliahan, praktikum, dan Tugas Akhir dalam rangka pengembangan pengetahuan mahasiswa.
Dengan melakukan kerja praktek diharapkan mahasiswa dapat menerapkan dan memahami hal-hal teknis dibidang elektronika , komunikasi, ketenagaan, dan informatika di suatu perusahaan/ instasi/ Lembaga.


PERSYARATAN KERJA PRAKTEK
Index Prestasi Kumulatif >= 2,00
Perolehan SKS >= 105 SKS tanpa nilai E
Dilaksanakan dalam waktu 2 sampai dengan 3 bulan di sebuah perusahaan/ instasi/ lembaga.
Topik/ Materi kerja Praktek untuk tiap mahasiswa tidak boleh sama.


PROSEDUR ADMINISTRASI KERJA PRAKTEK
Mahasiswa menentukan/ mencari lokasi kerja Praktek dan topik masalah yang akan dikerjakan atau dibahas.
Mahasiswa menyiapkan persyaratan administrasi untuk pengajuan kerja Praktek, yang terdiri atas:

Daftar nilai (transkrip) terbaru yang ditanda-sahkan oleh Dosen Wali.
Formulir Permohonan Kerja Praktek yang sudah diisi.

Mahasiswa konsultasi dengan koordinator Kerja Praktek dengan membawa persyaratan administrasi (point2), konsultasi berupa ;
  1. Tempat/ Lokasi Kerja Praktek
  2. Topik masalah Kerja Praktek
  3. Penentuan Dosen Pembimbing

Mahasiswa menghubungi dosen Pembimbing untuk persetujuan membimbing dengan membawa Formulir Permohonan Kerja Praktek ayng telah ditandatangani oleh Koordinator KerjaPraktek.
Mahasiswa menyerahkan kembali Formulir Permohonan Kerja Praktek yang telah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing kepada Koordinator Kerja Praktek untuk dibuatkan surat Pengantar Permohonan Kerja Praktek.
Mahasiswa menyerahkan mengirimkan surat Pengantar Permohonan Kerja Praktek ke Perusahaan/ Instansi/ Lembaga Penelitian.
Setelah mendapat persetujuan dari Perusahaan/Instansi/Lembaga Penelitian, mahasiswa bersangkutan melaksanakan Kerja Praktek sesuai jadwal dengan membawa :

Surat tugas kerja Praktek.
Absensi kerja Praktek.
Formulir Nilai.



PERSYARATAN PEMBIMBING
Kerja Praktek dibimbing oleh seorang Pembimbing Lapangan (dari lokasi/ tempat Kerja Praktek) dan seorang Dosen Pembimbing dari teknik Elektro yang ditunjuk oleh Koordinator Kerja Praktek.

Pembimbing Lapangan bertanggung jawab atas keaktifan mahasiswa selama kerja Praktek dan penulisan laporan secara teknis. Dosen Pembimbing beertanggung jawab atas penulisan laporan secara non teknis.


LAPORAN KERJA PRAKTEK
Laporan Kerja Praktek dibuat sebanyak 2 eksemplar dan disahkan oleh para Pembimbing dan Ketua Jurusan,serta diserahkan ke Koordinator Kerja Praktek paling lambat 2 (dua) bulan sesudah hari terakhir Kerja Praktek.


Penyerahan Laporan Kerja Praktek dilampiri dengan :
  • Absensi kerja Praktek
  • Form Nilai dari tiap pembimbing (dalam amplop tertutup).
  • Disket berisi File laporan KP, file identitas dan file abstrak ( apa yang dilakukan dalam KP tersebut ) dalam bentuk ASCII format.


HASIL KERJA PRAKTEK
Kerja Praktek yang menghasilkan suatu bentuk perangkat keras atau perangkat lunak akan menjadi milik jurusan Elektro undip dan pihak jurusan berhak mempergunakan atau mempublikasikan hasil KP tersebut terutama yang bersifat penelitian (misalnya di Lab. elektro).



LAPORAN KERJA PRAKTEK

FORMAT KERTAS DAN PENULISAN

Kertas berukuran kuarto dengan margin kuru tidak kurang dari 4 cm, margin atas, bawah dan kanan 2,5 cm, serta berspasi ganda. Bila terdapat progrtam komputer, ditulis dalam bertuk condensed satu spasi.

Huruf miring (italic) digunakan untuk menunjukkan istilah asing. Huruf tebal (bold) untuk menegaskan istilah tertentu dan untuk menuliskan judul buku, bab, sub bab.
PENULISAN DENGAN KOMPUTER.

Bagi yang menulis dengan komputer, tulisan, data, gambar, flowchart, diharuskan menggunakan format salah satu dari tersebut dibawah ini;

Word Processor;

CHI WRITER, WORDSTAR, WORD PERFECT, MICROSOFT WORD, WRITE, DOSTEXT

Spread sheet;

EXCEL, LOTUS123, QPRO

Gambar

ORCAD, AUTOCAD, GENERIC CAD, DESIGN CAD, FLOWCHART, ABC FLOW, PROTEL, VISIO, CORELDRAW!

Data Base

DBASE, FOXPRO
SUSUNAN ISI LAPORAN

Laporan terdiri atas :

Cover

Cover berwarna biru teknik (soft cover buffalo paper laminating), berisi berturut-turut dari atas;

‘judul atau materi kerja praktek’

LAPORAN KERJA PRAKTEK

DI ‘tempat kerja praktek’



‘lambang undip’

OLEH

‘nama’

‘nim’



PROPGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

‘tahun laporan’

Judul, nama dan NIM selain pada bagian muka, juga harus dicantumka pada bagian tepi buku, supaya lebih mudah terlihat bila disusun.

Halaman Judul

Berisi tentang menjelaskan persetujuan pembimbing atas laporan Kerja Praktek yang telah dibuat.

Halaman persetujuan

Halaman ini menjelaskan persetujuan pembimbing atas laporan kerja Praktek yang telah dibuat.

Halaman Abstrak

Berisi ringkasan apa yang dikerjakan selama kerja Praktek.

Halaman ucapan Terima kasih

Halaman ini berisi ungkapan pribadi mengenai usaha yang telah dilakukan selama melakukan kerja praktek dan diakhiri dengan ucapan terimakasih dari pada sejumlah nama atau lembaga yang telah membantu dalam kerja praktek.

Halaman Daftar

Halaman ini terdiri dari Daftar isi, Daftar tabel, Daftar Gambar.

Halaman Isi/inti

Halaman ini merupakan inti dari laporan kerja praktek yang tersusun atas :

Bab I : Pendahuluan

Bab II : Mengenai Perusahaan tempat Kerja Praktek.

Bab III / IV : Apa yang dilakukan dalam Kerja Praktek dan hasil Kerja Praktek

Bab V : Penutup

Halaman Daftar Pustaka

Halaman ini berisi daftar pustaka yang digunakan dan dirujuk di dalam laporan Kerja Praktek.

Halaman Lampiran

Halaman ini berisi informasi penting yang ada hubungannya dengan isi laporan, misalnya data komponen, program komputer, data peralatan, diagram elektronik, diagram mekanik, bangunan dsb.
PENOMORAN HALAMAN

Penomoran halaman pada halaman persetujuan, halaman ucapan terima kasih, dan halaman daftar ditulis dengan angka romawi kecil i, ii, iii, iv, dstnya di bawah tengah 1,5 cm dari bawah. Khusus pada halaman judul tidak diberi nomor.

Penomoran halaman pada halaman isi/inti ditulis dengan angka biasa 1, 2, 3, 4, dst. Pada halaman judul Bab, nomor halaman ditulis di bawah tengah 1,5 cm dari bawah. Pada halaman lain nomor halaman ditulis di sudut kanan atas 1,5 cm dari atas 2,5 cm dari kanan. Tiap bab selalu diawali dengan judul bab yang ditulis de tengah.

Penomoran halaman pada daftar pustaka dan lampiran merupakan sambungan dari penomoran halaman pada bagian isi.
CARA PENULISAN KUTIPAN dan DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada catatan kaki untuk menyatakan publikasi referensi. Semua refernsi untuk buku, artikel majalah, sumber statistik, dsb ditunjukkan dengan sebutan yang sesuai di dalam teks dengan nama keluarga/marga, tahun publikasi, dan halaman bila perlu, semua di dalam tanda kurung.

Contoh

Register DS yang dipakai program tidak sama dengan yang dipakai mouse driver. Tombol dapat ditekan atau dilepas kapan saja (Arlandianto 1970, p46)

Asal kutipan secara lengkap dicantumkan dalam DAFTAR PUSTAKA. Daftar pustaka ditulis pada halaman belakang sebelum lampiran dengan judul DAFTAR PUSTAKA

Referensi dari buku :

Nama-pengarang (nama keluarga didepan ), Judul-Buku, edisi, Penerbit, Tahun.

Contoh :
O’Brien. Stephen K, Turbo Pascal 7 the Complete tefernce, 2nd, Osborne-Mc Graw Hill Inc, 1989.

Referensi Artikel di dalam Buku :

Nama pengarang, judul artikel, nama-editor, judul-buku, Edisi, Penerbit, Tahun.

Referensi Artikel di dalam majalah :

Nama-pengrang, judul-artikel, judul-majalah, volume, Penerbit, Tahun.

CARA PENOMORAN dan PENEMPATAN GAMBAR dan TABEL.

Peletakan gambar dan tabel diatur sedemikian sehingga terlihat serasi dengan teks dan tidak melebihi batas halaman. Usahakan agar tidak menggunakan kertas dengan ukuran yang berbeda sehingga terpaksa dilipat.

Gambar harus diberi nomor berurut per bab dan diberi keterangan tabel. Penulisan keterangan tabel dimulai dengan huruf besar dan diletakkan dibawah-tengah gambar yang bersangkutan. Contoh; Gambar 1.4 Rangkaian penjumlah digital. (gambar ke 4 dalam bab 1).

Tabel harus diberi nomor berurut per bab dan diberi keterangan tabel. Penulisan keterangan tabel dimulai dengan huruf besar dan diletakkan diatas tengah tabel yang bersangkutan . Contoh; Tabel 2.6 Hasil Pengujian IC 555 . (Tabel ke 6 dalam bab 2).
FILE IDENTITAS dan ABSTRAK

Setiap laporan KP harus dilengkapi dengan file komputer IBM Compatible, yang berisi; Laporan KP seperti pada cetakannya dalam format-format yang telah disebutkan diatas, termasuk file gambar, diagram, data, flowchart, listing (source) program komputer, exe program dsb.

Disamping itu dalam disket yang sama harus dibuat file;

File Identitas dengan nama NIM.KP

Contoh;

Mahasiswa dengan NIM T101880101, akan membuat file identitas T880101.KP

Isi file Identitas;

Nama (Tab) NIM (Tab) Tempat KP (Tab) Materi KP (Tab) Pemb. Lapangan (Tab) Dosen Pembimbing (Tab) Tgl_mulai (Tab) Tgl_Selesai.

Tanda (Tab) adalah Tab, jadi batas antar field adalah Tab, jangan menggunakan spasi, koma, atau enter. File diatas dalam ASCII Format (DOS Text) dan dapat dibuat dengan program-program Wordprocessor, side kick, notepad, contohnya misalnya;

WORD STAR

Buka dengan N(Non document File) , tulis keterangan diatas dalam 1 line dengan batas Tab.

CHI WRITER

Export dengan DOS TEXT (Esc W E)

WP

Export dengan DOS TEXT (Ctrl-F5 1 S)

Program-progrtam windows

Save as ... DOS TEXT atau ASCII Format

Persingkat field Tempat KP dan Materi Kp maksimum 40 karakter, Format tanggal; DD-MM-YY, contoh : 19-06-97

b. File Abstrak dengan nama NIM.ABS

Contoh

Mahasiswa dengan NIM T101880101, akan membuat file abstrak T880101. ABS

Isi file Abstrak

Merupakan ekstraksi dari laporan (dapat diambil dari laporan) bagian abstrak saja,

Kemudian dikonversi menjadi DOS Text atau ASCII format. Usahakan tiada rumus-rumus matematika yang rumit. Satu line maksimum 78 huruf. Ciri DOS Text dapat dilihat di layar dengan perintah DOS TYPE, misalnya;

A>TYPE T880101.ABS

Akan tertampil dilayar sebagaimana sewaktu diedit (tidak ada karakter yang aneh-aneh atau bunyi speaker).

File laporan, file Indentitas dan abstrak jika memungkinkan dikemas dalam 1 disket HD 5,25 inci. Pada Labelnya ditulisi NIM, Nama, dan keterangan KP, File-file ini akan diakses secara langsung dengan program komputer yang telah dibuat, jadi usahakan benar formatnya.


SEMINAR KERJA PRAKTEK
Seminar Kerja Praktek dipimpin oleh Dosen Pembimbing, dan dihadiri minimal 10 orang mahasiswa. Waktu pelaksanaan seminar dijadwalkan oleh Koordinator Kerja Praktek.
Judul : PENGERTIAN DAN TUJUAN KERJA PRAKTEK
Rating : 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Oleh : valent huba
Terimakasih atas kunjungan nya..
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Facebook | Twitter | Valent Huba
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009 - 2013. Basecamp Setiakawan - All Rights Reserved.
Template Published by Valent Huba